Tepis Kecurigaan : Buronan Djoko Tjandra Harus Segera Ditangkap dan Dipenjara

satunusantaranews – Jakarta, Cara terbaik bagi aparat hukum untuk menepis kecurigaan serta mengembalikan kepercayaan publik adalah segera menangkap serta memasukannya ke dalam penjara, demikian diungkapkan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Susilaningtias (25/7).

Namun begitu, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tetap memberikan apresiasi Kapolri atas sikap tegasnya dalam menindak pelanggaran yang dilakukan oleh bawahannya. Dan pihaknya mendukung upaya memburu sang buronan kasus korupsi BLBI dan hak tagih Bank Bali ini, agar kasus-kasus nya dapat dibongkar secara tuntas.

“Aparat penegak hukum di bawah naungan pemerintah harus bersinergi untuk mengejar Djoko Tjandra, mungkin kita bisa memaksimalkan perjanjian kerja sama ekstradisi dengan Malaysia dan Papua Nugini untuk memulangkan yang bersangkutan ke tanah air,” tegas Susi.

LPSK akan terus memantau perkembangan kasus ini, namun bila terjadi eskalasi perihal keterancaman saksi, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, jelas Susi.

LPSK siap melindungi sejumlah saksi-saksi yang terancam, juga yang memiliki informasi serta mau membuka suara terkait kasus-kasus korupsi seperti yang dilakukan Djoko Tjandra. Termasuk saksi saksi, tak terkecuali, yang terkait kasus surat jalan yang diketahui melibatkan sejumlah perwira tinggi di tubuh Kepolisian. Lantaran kabarnya pihak Tim Khusus Bareskrim sudah memeriksa sejumlah saksi-saksi. Bahkan bila ada yang mengajukan diri sebagai Saksi Pelaku atau Justice Collaborator, kami siap menerima, papar Susi.

Mengingat pentingnya peran dan keterangan saksi dalam mengungkap dugaan kasus tindak pidana yang sedang dalam sorotan publik ini. Jenis-jenis perlindungan tersebut akan diberikan kepada saksi berdasarkan bentuk ancaman yang ada. Oleh karenanya, jika benar ada permohonan yang masuk ke LPSK, Susi memastikan para saksi mendapatkan keamanan, selain akan memperoleh hak-hak nya sesuai undang-undang yang berlaku.

Penyelesaian kasus Joko Tjandra menjadi pertaruhan besar bagi penegakan hukum di Indonesia. Dengan segera tertangkapnya Joko Tjandra kepercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum akan kembali pulih. Selain itu, Susi berharap Kasus Djoko Tjandra dapat menjadi momentum evaluasi institusi aparat penegak hukum. Dan langkah itu sudah dilakukan oleh Kapolri kepada anak buahnya, semoga tidak berhenti pada penyelesaian internal namun lanjut pada ranah pidana.
Selain menipiskan kepercayaan publik kepada aparat hukum di Indonesia, Susi berpandangan ulah Djoko Tjandra yang bebas keluar-masuk negara-negara tetangga tersebut berpotensi menimbulkan masalah dalam hubungan diplomatik dengan kedua negara tetangga yang selama ini berlangsung harmonis.

 

Leave a Comment

View Comments

  • Very well presented. Every quote was awesome and thanks for sharing the content. Keep sharing and keep motivating others.

  • There is definately a lot to find out about this subject. I like all the points you made

  • You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

  • This is my first time pay a quick visit at here and i am really happy to read everthing at one place

  • Good post! We will be linking to this particularly great post on our site. Keep up the great writing

Share
Published by
disa snn