Categories: Galeri Foto

Terang Asa di Pulau Sabira

satunusantaranews, Sabira – Inilah kado ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu yang baru merayakan 19 tahun dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira.

merayakan 19 tahun PLTS

Pulau Sebira dengan 160 keluarga memiliki listrik yang ramah lingkungan. PLTS terbesar hybrid di Jakarta berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

Pulau Sebira, pulau terdepan ibu kota Jakarta, jaraknya dari pantai utara Jakarta 120 km, hampir sama dengan 2 kali jarak Jakarta – Bogor. Masyarakat Pulau Sebira mendapatkan akses yang sama atas fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, ini indikator hadirnya keadilan sosial.

Jika wilayah kepulauan fasilitasnya dapat dipenuhi, maka semangat ini juga dapat diwujudkan untuk memenuhi fasilitas wilayah Kepulauan lain di Indonesia.

Konektivitas kelistrikan yang menjadi tanggung jawab negara menjadi salah satu elemen penting bagi masyarakat kepulauan untuk meningkatkan taraf hidup, ekonomi, dan kesejahteraan mereka.

Leave a Comment
Share
Published by
Dini SNN