Kesehatan

Tidur Siang Bikin Gemuk… Ihh… Cek Deh Faktanya!

satunusantaranews, Jakarta – Readers, SN ! Wah udah akhir pekan lagi aja nih. Bagi kalian yang punya jadwal padat dan akhirnya punya waktu weekend, pastinya langsung milih rebahan kasur sambil denger lagu gak sih?

 

Tapi, tau tidak kalian kalau ternyata ada isu yang beredar bahwa tidur siang itu bikin gemuk! Belum lagi banyaknya perbincangan negatif seputar kalau tidur siang, yang males lah yang gak produktif lah. Padahal banyak loh ternyata manfaat dari tidur siang ini.

 

Dilansir dari alodokter, ternyata tidur siang itu bisa membuat kalian merasa lebih relaks loh! Bahkan suasana hati (mood) menjadi positif, mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, serta meningkatkan kinerja tubuh. Selain itu juga, tidur siang bisa dijadikan salah satu solusi untuk mengobati kurang tidur. Tidur siang selama 15-20 menit sudah cukup untuk membuat tubuh kita menjadi segar kembali serta meningkatkan kinerja motorik tubuh loh!

 

 

Melansir The Indian Express, penelitian yang dikerjakan Harvard Medical School menemukan fakta, orang yang tidur siang dapat membakar kalori 10 persen lebih banyak. Wah lumayan banget gak sih?

 

Nah! Argumen penelitian tersebut yakni, kurang tidur dapat memengaruhi hormon rasa lapar atau ghrelin, sehingga orang cenderung banyak makan dan berat badannya bertambah ketika kurang tidur. Alih-alih kita menjadi banyak makan atau mengemil disela pekerjaan kita, lebih baik kita tidur siang setidaknya 10-20 menit.

 

Namun, perlu diingat juga bahwa tidur bisa menambah berat badan apabila dilakukan langsung setelah makan siang. Tuh bagi yang abis makan nasi Padang, lanjut bobo. Haduuh! Mending kalian bobo aja deh mimpiin jilat sambal ijo!

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN