Ekonomi Bisnis

Tiga Hal Penting Forwan Peduli Wartawan Di tengah Pandemi Covid 19

satunusantaranews – Jakarta. Pandemi Covid-19 membuat kepanikan dan kesulitan banyak pihak. Tak sedikit yang kehilangan penghasilan, dirumahkan bahkan sampai di-PHK. Tapi disisi lain, bencana non alam ini menyebabkan sejumlah hal positif. Salah satunya kesadaran berbagi pada sesama terasa semakin menguat dibanding masa sebelumnya.

Kesadaran berbagi untuk mengurangi beban hidup sesama wartawan yang terdampak Covid-19, itulah yang menjadi alasan pertama kenapa Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia menggelar acara bertajuk Forwan Peduli Wartawan (FPW) 2020 di pekan terakhir Ramadhan 1441 H. “Kita dahulukan anggota Forwan karena sejujurnya kita pun ikut terdampak,” kata Ketua Forwan, Buyil Sutrisno dalam kata sambutan dalam acara pembagian Paket FPW 2020 untuk area Depok di Kedai Ayam Gosong (KAG), Depok 2 Tengah, Selasa (19/05).

Buyil sadar gagasannya ini agak telat terealisasikan, hingga membuat sejumlah donatur andalannya memberikan donasi ke pihak lain yang lebih dulu membuat penggalangan dana. Tapi sejatinya, tak ada kata telat dalam berbagi untuk sesama. Selalu ada solusi, senantiasa mendapatkan berkah di sana. “Rejeki sudah ada yang atur. Tidak seperti sandal jepit yang mudah tertukar,” ujar Buyil.

Alasan kedua Forwan menghelat acara FPW terdampak Covid-19 ini untuk memperkuat ikatan tali silaturahmi. Ketua Panitia FPW 2020 Taufiq Arief Denin menegaskan kegiatan ini sedikit pun bukan untuk carmuk alias cari muka apalagi carsi atau cari sensasi.

“Tapi kita justru ingin mengembalikan ikatan batin sesama anggota Forwan yang mungkin saja disadari atau tidak, saat ini tengah kendor atau bahkan renggang akibat dihantam virus Corona,” terangnya. Alasan terakhir atau ketiga, menjaga kepercayaan yang telah diberikan sejumlah pihak donatur baik yang mengatasnamakan perusahaan maupun pribadi, yang lama maupun baru, supaya kedepan bertambah harmonis dengan Forwan.

Menjaga kepercayaan itu sulit tapi harus terus dilakukan, salah satunya dengan mempublikasikan kegiatan ini lewat beragam media online dan medsos berupa tulisan, foto, dan video maupun kombinasi ketiganya. “Donatur tentu senang kalau keterlibatannya dalam kegiatan yang baik di bulan yang luar biasa baik ini, tersiar luas,” tutup Taufik.

Sebagai informasi tambahan total penerima paket FPW 2020 sebanyak 130 anggota Forwan yang memiliki Karta Tanda Anggota (KTA). Adapun isi paket FPW 2020 berasal dari donasi sejumlah sponsor berupa aneka produk minuman, masker, dan lainnya. Sponsor yang ikut berdonasi di antaranya PT Mayora, PT Kino Indonesia tbk., SCTV, Indosiar, PT. Melon, Nagaswara Music, Lazisnu, Eminews.id, PT. Proaktif, Pergizi Pangan, Sari Roti, Max Pictures, Nina Nugroho, Dede Yusuf, PT. Hafara Cantik Indonesia (Glumory), Ratna Listy, Teuku Zacky, Wardah, Yuliana Agustine, dan TravelPlus Indonesia. Sehari sebelumnya, Senin (18/5), sudah terlaksana dengan lancar pendistribusian paket FPW 2020 untuk anggota Forwan di Aula SMAN 3, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Pembagian FPW 2020 di wilayah Jakarta dengan tetap mengindahkan SOP cegah sebaran Covid-19 dengan memakai masker kain dan menerapkan physicaldistancing atau jaga jarak fisik. Ketua Panitia juga tak lupa mengajak para anggota dan perwakilan donatur membacakan doa dan mengirim Al-Fatihah buat rekan-rekan wartawan Forwan yang sudah meninggal dunia.

“Tradisi baik ini harus dipertahankan oleh pengurus Forwan selanjutnya, sebagai tanda kalau kita tidak melupakan kawan-kawan satu profesi dan satu organisasi sekalipun mereka sudah lebih dulu pergi,” tambah Taufiq. Selepas di Depok, pendistribusian paket FPW 2020 juga akan dilakukan di Putra Kusuma Pictures, Jati Asih, Rabu (20/05), untuk anggota Forwan area Bekasi dan sekitarnya. Selanjutnya untuk wilayah Tangerang bertempat di Komplek Pajak, Jurangmangu Timur, Kamis (21/05). (ray/foto ist)

Leave a Comment
Share
Published by
admin