Hiburan

Wow Tempe Mendoan Sah Sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia

satunusantaranews, Jakarta – Siapa yang tidak bisa menolak godaan gorengan nih? Salah satunya tempe mendoan yang mudah ditemui di penjual gorengan atau bahkan sangat mudah untuk kita buat sendiri dirumah.

Nah, SNReaders tahukah kalian bahwa teman nasi ini akhirnya resmi diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada tanggal 26-30 Oktober 2021. Tempe mendoan masuk dalam kategori keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional.

 

 

Kasi Nilai Tradisi Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Mispan mengatakan, tahun lalu tempe mendoan khas Banyumas sempat diusulkan untuk menjadi warisan budaya, namun baru ditetapkan tahun ini.

 

SNReaders bagi kalian yang belum tahu apa itu tempe mendoan, merupakan kuliner gorengan khas Banyumas. Berbahan dasar tempe yang dibalut racikan tepung khusus, membuat tempe mendoan memiliki cita rasa gurih asin yang nikmat. Kata mendo sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang berarti setengah matang.

 

Meski mendoan sendiri merupakan makanan khas asli Banyumas. Namun, sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri dirumah lohh SNReaderrs… yuk simak bersama-sama.

 

Bahan:
5 lembar tempe mendoan
2 batang daun bawang,
50 gr tepung terigu
garam secukupnya
kaldu secukupnya
Air secukupnya
1/2 sdm ketumbar halus (atau pakai bubuk ketumbar)
Minyak goreng

 

 

Cara membuat:
1. Siapkan wadah, masukkan tepung dan semua bahan-bahan.
2. Campur air ke dalamnya, aduk rata. Pastikan tidak ada yang menggumpal dan adonan tidak terlalu kental atau cair.
3. Tambahkan irisan daun bawang ke dalamnya. Aduk rata, sesuaikan rasa.
4. Siapkan wajan, kemudian masukkan minyak goreng yang banyak ke dalamnya. Tunggu sampai minyak panas.
5. Ambil tempe, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung, kemudian masukkan tempe ke dalamnya dan beri sedikit sisa adon di atasnya.
6. Setelah sedikit ‘kering’ balik tempe sebentar dan angkat sebelum tempe matang dan gosong. Biarkan setengah matang. Angkat
7. Sajikan mendoan dengan sambal kecap asin atau cabe rawit hijau.

 

Mudah kan?? Buat dirumah yuk paling cocok dihidangkan dengan teh hangat. Apalagi bila disantap saat musim hujan seperti ini ya, semakin nikmat. Selamat mencoba ya SNReaders.

Leave a Comment
Share
Published by
Kahfi SNN