Pariwisata

Yuk Kulik Wisata Klenteng Sam Poo Kong di Kota Lumpia!

satunusantaranews, Semarang – Jawa Tengah dikenal memiliki beraneka ragam destinasi wisata sejarahtermasuk wisata klenteng yang kerap dikunjungi wisatawan . Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi dekat jantung Kota Semarang, tepatnya di Jalan Simongan Nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Bangunan megah dengan dominasi warna merah menjadi pemandangan pertama ketika memasuki area parkir. Terdapat empat klenteng yaitu Klenteng Dewa Bumi, Juru Mudi, Sam Poo Tay Djien, dan Kiai Jangkar. Masyarakat sekitar menyebut sebagai “Gedung Batu”, karena bentuknya mirip gua besar yang berada di sebuah bukit batu.

Kalian tentunya tidak asing mendengar nama Cheng Ho atau Zheng He, seorang laksamana asal Tiongkok yang singgah di tanah Nusantara sekitar tahun 1405. Rupanya alasan Laksamana Cheng Ho melakukan ekspedisi ke berbagai negara itu atas perintah seorang Kaisar Dinasti Ming, Yong Le, sebagai duta perdamaian.

 

 

Laksamana Cheng Ho memimpin 62 kapal megah berangkat dari Suzhou, Pelabuhan Liujiagang mengunjungi Champa, Sumatera, Jawa, Sri Lanka, Kalikut (India Barat), Selat Hormuz, Teluk Persi, Aden, Afrika, Mogadishu, Somalia, dan Kenya.

Laksamana Cheng Ho mendarat di Kota Semarang karena salah satu awak kapalnya sakit sehingga memutuskan mencari tempat pengobatan dan beristirahat. Konon katanya, sebelum singgah ternyata orang Tionghoa sudah ada yang tinggal di daerah Gedung Batu. Kota Lumpia dengan bentuk daerah seperti teluk inilah menjadikannya tempat paling nyaman para pelayar beristirahat.

Beliau wafat tahun 1435 di tengah perjalanan pulang dari Kalikut, jenazah diperkirakan dihanyutkan ke tengah laut, tetapi ada yang meyakininya dikebumikan di Semarang. Meskipun Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, tetapi masyarakat keturunan Tionghoa menganggapnya sebagai dewa. Penganut agama Konghucu atau Taoisme menganggap bahwa orang meninggal dapat memberikan pertolongan.

 

 

Hal inilah menjadi dasar masyarakat Tionghoa membangun wisata Klenteng Sam Po Kong, dilengkapi dengan altar dan bangunan patung Sam Po Tay Djien sebagai tempat peribadatan mereka.

Klenteng Sam Po Kong juga dikenal sebagai goa tiga orang sakti, didukung arsitektur bangunan yang unik nan eksotis hingga menjadi daya tarik tersendiri wisatawan. Penasaran kan ? Jangan lupa mampir kalau berkunjung ke Kota Semarang.

Leave a Comment