Yuri Octavian Thamrin Ditunjuk Sebagai Calon Direktur Eksekutif ITTO 

Yuri Octavian Thamrin Ditunjuk Sebagai Calon Direktur Eksekutif ITTO 
Yuri Octavian Thamrin Ditunjuk Sebagai Calon Direktur Eksekutif ITTO 

satunusantaranews, Jakarta - Pemerintah Indonesia menunjuk Drs. Yuri Octavian Thamrin, MA sebagai calon Direktur Eksekutif ITTO (International Tropical Timber Organization) periode 2021-2025. Sebagai Calon Direktur Eksekutif ITTO, Yuri Octavian Thamrin yang juga seorang Diplomat Senior Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun optimis bahwa dirinya akan terpilih.

Secara virtual, Ia menyampaikan visi dan misinya untuk menjadi Direktur Eksekutif ITTO dalam kegiatan Media Briefing Posisi Indonesia dalam Sidang International Tropical Timber Council (ITTC) ke-57 (26/11).

"Dibawah kepemimpinan saya sebagai Direktur Eksekutif, saya ingin ITTO menjadi lebih solid, produktif, dan inovatif dalam mencapai tujuan" ujar Yuri.

Perlu diketahui, Agus Justianto selaku Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebutkan bahwa pemilihan sebagai Direktur Eksekutif tersebut dijadwalkan pada sidang International Tropical Timber Council (ITTC) ke-57 yang dilaksanakan pada 29 November hingga 3 Desember 2021 mendatang.

Dan Agus menambahkan Yuri Octavian Thamrin akan melawan dua kandidat lainnya yang berasal dari Malaysia dan Brazil. Jika kemudian terpilih sebagai Direktur Eksekutif ITTO, hal tersebut membuat pertama kalinya Indonesia memimpin ITTO setelah kurang lebih 40 tahun lamanya.

Yuri menganggap bahwa Indonesia memang sudah waktunya memimpin ITTO, melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki hutan tropis terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Indonesia sebagai negara anggota ITTO juga turut aktif dalam berpartisipasi dan berkontribusi. Indonesia juga sering menjadi negara tuan rumah dari pertemuan ITTO.

Ditjen Pengelolaan Hutan Lestari KLHK, Agus Justianto menganggap bahwa hal tersebut merupakan sebuah kesempatan yang besar bagi Indonesia dalam memimpin ITTO sehingga terus memperjuangkan Yuri Octavian Thamrin sebagai Direktur Eksekutif ITTO.

“Kita juga menyadari kita harus all out dari awal hingga akhir, sehingga kami delegasi Indonesia memperjuangkan pak Yuri Thamrin agar menjadi Direktur Eksekutif ITTO,” pungkas Agus Justianto.

Penulis: Didit
Editor: Nawasanga

Baca Juga