11 Kabupaten di Papua Rawan Konflik Pilkada 2020

11 Kabupaten di Papua Rawan Konflik Pilkada 2020
11 Kabupaten di Papua Rawan Konflik Pilkada 2020
satunusantaranews - Papua. Ada 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada pada 9 Desember mendatang di Provinsi Papua rawan konflik. Ke-11 Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Merauke, Kabupaten Waropen, Kabupaten Keerom, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Nabire, demikian dijelaskan Kepala Polda Papua, Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw.
Hampir semua daerah yang akan melaksanakan Pilkada masuk kategori rawan konflik namun tingkat kerawanannya sedang dipetakan. Dari berbagai pengalaman dalam penanganan keamanan selama Pilkada memang sering kali menimbulkan kerawanan akibat para pihak berupaya dengan segala cara untuk menjadi pemenang, papar Waterpauw di Jayapura.
Oleh karenanya, untuk meminimalisir tingkat keamanan di kabupaten yang akan melakukan pilkada saat ini polisi mendekati semua elemen masyarakat agar Pilkada berlangsung aman. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada di 11 kabupaten di Papua berlangsung aman terkendali.
Sementara itu, Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay pun memprediksi kabupaten yang rawan saat pelaksanaan pilkada adalah Kabupaten Mamberamo Raya. Hal itu lantaran di Mamberamo Raya ada masalah internal yang saat ini sudah melibatkan KPU. Sedangkan 10 daerah lainnya masih dilakukan koordinasi guna mengetahui permasalahan yang terjadi sejak tahapan Pilkada dilakukan kembali. (tjbm; foto ist)
Penulis:

Baca Juga