Kardinal Ignatius Suharyo Hadiri & Resmikan Kapela Santo Nicolas Copu

Satunusantaranews-RUTENG, Ketua KWI yang juga Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo kunjungi Ruteng, dalam rangka meresmikan Kapela Santo Nicolas Copu, Paroki Santo Antonius Abas Beokina di Lingko Nekep, Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng, Selasa (6/6/2023).

Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo mendarat di Bandara Udara Frans Lega Ruteng 10:45.Wita, menggunakan pesawat privat flite hawker 900 dan hawker 800.

Rombongan Kardinal dijemput oleh Imam Keuskupan Ruteng, Bupati Manggarai Heribertus Nabit bersama Forkompinda, Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, juga Pastor Paroki Santo Antonis Abas Beokina RD Robi Mbongor dan hadir juga pimpinan Himpunan Bersatu Teguh Andreas Sofiandi beserta tim relawan baksos kemanusiaan.

Penyambutan dalam kunjungan kedua dari Uskup Agung Jakarta ini, disambut dengan ritus adat Tuak Curu, simbol penghormatan tamu dalam budaya Mangarai. Kardinal Suharyo juga dikalungi selendang Songket dan dikenakan Topi Songke khas Manggarai.

Pada sambutan nya Kardinal Suharyo sampaikan, sangat mengagumi keindahan alam Manggarai, juga penyambutan yang luar biasa dalam Umat Katolik di Keuskupan Ruteng.

"Toe ma cial agu  celan," ungkap Mgr Suharyo setelah menerima ucapan adat Tuak Curu

"Hal yang sama setiap saya mengunjungi Manggarai, selain udara yang sejuk, juga kerendahan hati umat," lanjutnya.

Imam Keuskupan Ruteng RD. Agustinus Manfred Hambur, menerangkan, kunjungan Kardinal Suharyo dalam rangka meresmikan Kapela Santo Nicolas Copu, Paroki Santo Antonius Abas Beokina, di Lingko Nekep, Desa Bea Kakor, Kecamatan Ruteng.

"Kunjungan ini dalam rangka memberkati sekaligus meresmikan satu Kapela di Copu. Kapela ini sumbangan dari kelompok himpunan bersatu teguh pimpinan Andreas Sofiandi dari Jakarta," ungkapnya.

Komunitas ini kata Romo Alfred, sudah membantu membangun beberapa tempat ibadah di seluruh Indonesia.

"Kelompok ini sudah membangun beberapa rumah ibadah di Seluruh Indonesia, pembanguan Masjid, Pura , dan lain-lain," ungkap Romo Alfred.

Sebelum menuju Copu, Rombongan Kardinal terlebih dahulu menuju Istana Keuskupan Ruteng dan disambut oleh Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat.

Penulis:

Baca Juga