“Karena Kita Saudara” Festival Musik Rumah 2020

satunusantaranews - Salatiga, Dalam kondisi pandemi COVID-19 dengan pembatasan sosial yang ‘mengharuskan’ sebagian besar dari kita menjalani aktivitas sehari-hari dari rumah, Festival Musik Rumah (FMR) telah memutuskan memajukan pelaksanaannya. Terhitung sejak 22 Maret 2020 FMR sudah dilangsungkan, hingga puncaknya yang akan berlangsung pada 21-22-23 Agustus 2020 mendatang dengan tema “Karena Kita Saudara”.

Jika tahun-tahun sebelumnya, Festival Musik Rumah (FMR) memfokuskan format pelaksanaannya pada kegiatan bersama menampilkan dan menikmati musik secara langsung di rumah-rumah konser. Tahun ini FMR perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dalam rangka adaptasi kebiasaan baru.

Secara umum penyesuaian utama yang dilakukan adalah ‘memindahkan’ ruang konser yang sedianya terjadi di rumah-rumah konser ke ruang virtual daring via media sosial. Konser-konser dari para penampil akan disiarkan di kanal-kanal media sosial, penikmat konser tidak perlu datang langsung ke rumah konser.

“Sebenarnya cukup berat hati mengubah format utama FMR yaitu berkumpul bersama menikmati musik secara langsung di rumah-rumah konser. Namun kami sadar di kondisi sekarang ini mengambil cara hidup bersama yang saling menghargai dan mengamankan adalah lebih penting”, jelas Petrus Briyanto Adi (Adoy), pencetus dan pengarah FMR.

Dengan perubahan format dan ruang, konser-konser penampil FMR diputuskan tidak ada yang terjadi secara simultan (satu waktu lebih dari satu penampilan). Hal ini berdampak langsung pada jumlah penampil yang bisa turut berpartisipasi.

Dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR2020, konser-konser akan berlangsung dari pukul 10:00 hingga 24:00 WIB setiap harinya dimana setiap konser akan terjadi dalam satu slot waktu berdurasi 1 jam. Sehingga setiap harinya akan ada 14 slot atau dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR2020 hanya akan menyajikan 42 konser. Dibandingkan dua pelaksanaan FMR lalu (2018 dan 2019, red.) yang jumlah konsernya lebih dari 100 penampilan.

"FMR2020 hanya akan menampilkan 42 penampilan, secara kuantitas jelas terjadi penurunan, semoga intensitas silaturahmi bisa tetap terjaga atau bahkan lebih erat lagi terjalin di tahun ini." ungkap Adoy dengan nada optimis.

Konser-konser ini akan terjadi di lebih dari 20 kota/ desa di Nusantara juga di benua Eropa. Dan siapa saja penampil dan jadwal puncak FMR2020 akan diumumkan secara resmi oleh Festival Musik Rumah pada tanggal 5 Agustus 2020 nanti. Adapun Puncak Festival Musik Rumah 2020 akan kita nikmati bersama pada tanggal 21-22-23 Agustus 2020 di kanal daring resmi Festival Musik Rumah yaitu: YouTube: Festival Musik Rumah, Facebook: Festival Musik Rumah, dan Instagram: @festivalmusikrumah.id

Penulis: Gadisa Niken A
Editor: Tjoek JBM
Photographer: Festival Musik Rumah
Sumber: Festival Musik Rumah

Baca Juga