Kembali Beroperasi Agustus 2020, Daop 1 Jakarta Tambah 5 Perjalanan untuk KA Gambir, Pasar Senen, dan Argo Parahyangan Bandung

satunusantaranews, Jakarta - Di bulan Agustus 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menambah 5 (lima) perjalanan kereta api (KA) mulai beroperasi dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen menuju Kota Bandung, Malang, Kutoarjo dan Solo. Dan tambahan 5 KA tersebut termasuk pengoperasian kembali KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, demikian dijelaskan Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1Jakarta (4/8).

Berikut tambahan 5 KA Daop 1 Jakarta, antara lain A 46A Argo Parahyangan (Stasiun Gambir-Bandung), dengan jadwal keberangkatan pukul 18.10 WIB pa da tanggal 3, 7, 14, 21, 28 Agustus 2020.

Selanjutnya ada, KA 48A Argo Parahyangan (Stasiun Gambir-Bandung), dengan jadwal keberangkatan pukul 18.48 WIB pada tanggal 3 s.d 31 Agustus 2020. Ada KA 292 Matarmaja (Stasiun Pasarsenen-Malang), dengan jadwal keberangkatan pukul 10.30 WIB pada tanggal  3, 5, 7, 10, 12, 14, 17, 19, 21, 24, 26, 28, 31 Agustus 2020.

KA 160A Sawunggalih (Stasiun Pasarsenen-Kutoarjo), dengan jadwal keberangkatan pukul 18.25 WIB setiap weekend, yaitu tanggal 7, 8, 9, 14, 15, 16, 21, 22, 23, 28, 29, 30 Agustus 2020. Termasuk KA 140A Mataram (Stasiun Pasarsenen-Solo), dengan jadwal keberangkatan pukul 21.05 WIB pada tanggal 7, 14, 21, 28 Agustus 2020.

Sedangkan untuk 8 KA yang sebelumnya sudah beroperasi di bulan Juni dan Juli 2020 tetap beroperasi dengan jadwal yang telah ditentukan, jelas Eva Chairunisa kembali, yaitu 4 KA keberangkatan dari stasiun Pasarsenen: KA Bengawan, Serayu, Tegal Ekspress (setiap hari) dan Kertajaya (hanya weekend).  Dan 4 KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Gambir yakni KA Turangga, Bima, Sembrani, dan Argo Bromo Anggrek (semua KA berangkat hanya weekend).

Sehingga di bulan Agustus 2020, secara keseluruhan terdapat 13 KA yang beroperasi di Daop 1 Jakarta, ujar Kahumas PT KAI Daop 1Jakarta ini.

Sementara itu, untuk pemesanan tiket KA hanya dapat dilakukan melalui sistem online dan baru dapat dipesan paling cepat 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Adapun pemesanan online dapat melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id dan channel eksternal yang telah bekerjasama. Sedangkan loket stasiun hanya melayani tiket go show yang dilayani 3 jam sebelum keberangkatan.

Sedangkan untuk operasi KA di masa Adaptasi Kebiasaan Baru, perjalanan KA akan tetap menjalankan prosedur pencegahan Covid-19, papar Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1Jakarta, dengan salah satunya menerapkan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70 persen dari kondisi normal. Selain itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan KA, diantaranya:

Pertama: Menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan). Kini calon penumpang sudah dapat melakukan rapid test di area stasiun yang disediakan PT KAI bekerjasama dengan Rajawali Nusindo. Atau menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test.

Kedua:  Calon penumpang dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

Ketiga: Menggunakan masker pribadi dan Mengenakan pelindung wajah (faceshield) yang disediakan oleh KAI. Penggunaan faceshield dilakukan baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung. Untuk pelanggan dengan usia di bawah 3 tahun agar menyediakan sendiri face shield pribadi.

Keempat: Mengikuti ketentuan penjagaan jarak fisik selama di stasiun dan didalam rangkaian KA

Sementara calon pengguna juga dihimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket. Himbauan juga dilakukan agar calon pengguna selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Penulis: Suharsono
Photographer: Istimewa
Sumber: Humas PT. KAI DAOP 1 Jakarta

Baca Juga