KTT Asean Bahas Khusus Covid-19

satunusantaranews - Jakarta. Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN khusus tentang Covid-19 berlangsung secara virtual siang ini yang diikuti seluruh pemimpin negara ASEAN. KTT ini diselenggarakan di bawah keketuaan Viet Nam selaku Ketua ASEAN tahun 2020, dan Perdana Menteri Viet Nam Nguyen Xuân Phúc bertindak sebagai chairman.

Peserta KTT tersebut yaitu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Kamboja Hun Sen, PM Laos Thoungloun Sisoulith, PM Malaysia Muhyiddin Yassin, Kanselir Negara Myanmar Aung San Suu Kyi, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Prayut Chan-o-cha, dan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

"Saya mengikuti KTT ini dari Istana Kepresidenan Bogor". Ungkap Presiden Jokowi.

Setelah KTT ASEAN yang berlangsung secara virtual siang tadi, saya bersama seluruh pemimpin negara-negara ASEAN kembali mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi dengan pemimpin negara Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. KTT ASEAN Plus Three (APT) ini juga membahas tentang tantangan pandemi Covid-19 dan pelemahan ekonomi.

Mitra ASEAN yang hadir di KTT virtual ini adalah Premier Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Penguatan kerja sama negara APT sangat penting untuk menciptakan resiliensi menangani pandemi Covid-19. Mengingat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan termasuk negara-negara pertama yang menghadapi Covid-19, pengalaman mereka menangani wabah ini perlu dibagi dengan negara-negara ASEAN.

Pada kesempatan itu, saya mendorong agar APT menguatkan kerja sama agar arus pergerakan barang tetap berjalan. Negara-negara ASEAN Plus Three harus menjamin kawasan kita tetap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi global, sekaligus jangkar ketahanan di kawasan. (ray/foto ist)

Penulis:

Baca Juga