Jenepento Bangun Desa Ditengah Pandemic

TMMD ke-108 KODIM 1425 Jenepento Bangun Desa Ditengah Pandemic Bersama Pemda

TMMD ke-108 KODIM 1425 Jenepento Bangun Desa Ditengah Pandemic Bersama Pemda
TMMD ke-108 KODIM 1425 Jenepento Bangun Desa Ditengah Pandemic Bersama Pemda
satunusantaranews - Sulsel. TNI Angkatan Darat kembali menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun Anggaran 2020, kegiatan kali ini digelar untuk membangun infrastruktur di 44 Kabupaten/Kota atau 49 kecamatan (74 desa). Salah satu lokasi penyelenggaraan TMMD yakni di Desa Bonto Rappo Kec. Tarowang Kab. Jeneponto.
Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 yang bertemakan "Pengabdian Untuk Negeri" dilaksanakan pada hari Selasa 30 Juni 2020 di ruang pola Panrannuangta Kantor Bupati Jeneponto Jl. Lanto Dg. Pasewang Kel. Empoang Kec. Binamu Kab. Jeneponto yang dilaksakan oleh Kodim 1425/Jeneponto di Desa Bonto Rappo Kec. Tarowang Kab. Jeneponto akan berlangsung sesuai dengan jadwal mulai tanggal 30 Juni s.d 29 Juli 2020.
Namun kegiatan Pembukaan, Penandatangan dan Penyerahan MOU TMMD ke-108 TA. 2020 kali ini tidak seperti yang dilaksanakan sebelumnya, yaitu dimulai dengan upacara pembukaan dilapangan terbuka yang melibatkan banyak personel namun kali ini hanya diikuti oleh perwakilan dari tiap-tiap instansi sebagai langkah dan antisipasi pencegahan penyebaran Covid 19 dengan tetap melaksanakan prodsedur covid.
Kegiatan TMMD ke-108 ini memliki target Sasaran Fisik/infrastruktur yaitu, Perintisan Jalan 1.480 Km x 6 m, Pembuatan Talud/Drainase 950 m, Pembangunan Jembatan 10 mx 6 m sebanyak 1 buah, dan Pembuatan Plat Decker 2 buah ukuran 1,5 mx6 m.
Selain target fisik/infrastruktur TMMD ke-108 ini juga menargetkan Sasaran Non Fisik yaitu, Penyuluhan Pertanian Penyuluhan Hukum, dan  Sosialisasi Bahaya Penyalagunaan Narkoba. Serta akan dilaksanakan juga kegiatan Bakti Sosial, Pembagian Masker, Rapid Tes,  Penyemprotan Disinfektan, dan Pembagian Sembako.
Dalam kesempatan lain, DANDIM 1425 Jeneponto Letkol.Inf irfan Amir, SE menuturkan, bahwa kegiatan TMMD ini juga bertujuan membantu percepatan pembangunan daerah, dan menghidupkan roda perekonomian ditengah pandemic covid-19.
"Kegiatan ini merupakan langkah strategis yg dilakukan oleh pemda dan TNI karena hal ini bertujuan untuk membantu percepatan pembangun pemda dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,krn dengan dibukanya akses jalan maka roda perekonomian dan pelayanan publik pun akan lebih optimal,adapun target dalam kegiatan ini adalah untuk membangun sarana fisik dan non fisik yg meliputi terbentuknya jalan rintis yang menghubungkan antara desa Bontorappo dan dusun borongloe yg selama ini terisolasi karena tidak adanya akses jalan,sedangkan target sasaran non fisik adalah terwujudnya kesadaran masyrakat atas hukum dan bahaya narkoba serta pemutusan penyebaran covid melalui kegiatan sosialisasi dan penyuluhan yg dilakukan selama kegiatan TMMD ini berlangsung' tutur DANDIM 1425 Letkol Inf Irfan Amir, SE.
TMMD kali ini juga diapresiasi oleh Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI yang bersama sama manunggal dengan rakyat melakukan berbagai kegiatan pembangunan dan kegiatan pembinaan sosial kemasyarakatan yang tentunya semakin mendidik masyarakat untuk memiliki dan sekaligus memelihara etos kerja, semangat Integriti yang disertai oleh semangat persatuan kebersamaan dan kekeluargaan yang tinggi dan solidaritas dengan latar belakang budaya Gotongroyong terus terus terpelihara dengan baik.
Peran TNI hingga ke lapisan Babinsa sangat memberikan dampak positif bagi terciptanya dinamisasi dan semangat Partisipatif baik melalui pembinaan rutin maupun melalui program pembangunan desa yang dilakukan secara manunggal terpadu oleh TNI dan rakyat.
Penulis:

Baca Juga