PMM UMM Bagikan Tips Pembuatan Handsanitizer dari Rumah

satunusantaranews - Kab.Bekasi, Selama masa pandemi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan KKN yang dapat dilaksanakan mahasiswa di daerah masing-masing. KKN ini selanjutnya disebut dengan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa). Salah satu kelompok PMM yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cibitung, Desa Wanajaya adalah PMM Kelompok 8 dimana salah satu program mereka adalah pembuatan dan tips marketing penjualan handsanitizer.

Kegiatan sosialisasi mengenai handsanitizer ini telah dilaksanakan 29 Juli 2020 di Balai Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini didukung penuh Lurah Desa Wanajaya Amih, Ketua PKK Desa Wanajaya Rita dan Ketua Pokja 4 Desa Wanajaya. Kader PKK yang hadir pun cukup banyak, yaitu 30 orang.

Pada sosialisasi tersebut,  disampaikan materi cara pembuatan handsanitizer dari alcohol dan ekstrak gel lidah buaya yang telah dihitung kebutuhan  masing-masing bahan per 1 (satu) liter dan tips marketing penjualan handsanitizer. Dengan perhitungan bahan yang telah disesuaikan, handsanitizer dapat dibuat menggunakan alat-alat rumah tangga seperti alat saringan dan mangkok yang bersih.

Diharapkan kegiatan yang diusung oleh mahasiswa binaan I’anatut Thoifah, MPdi, selaku dosen pembimbing lapangan dapat meningkatkan pola hidup sehat masyarakat selama pandemi Covid-19 sekaligus meningkatkan produktivitas dengan mengisi kegiatan dari rumah.

Selain memberikan sosialisasi mengenai handsanitizer, kelompok ini juga memberikan tips pembuatan olahan herbal dari rempah-rempah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga